Melalui CX Summit 2022, Telkom Berkomitmen Hadirkan Customer Experience Yang Excellent

Jakarta, Technology-Indonesia.com – Divisi Digital Business and Technology (DBT) Telkom Indonesia menggelar CX Summit 2022 bertema “Thrive your Business through leveraging emerging technologies for better CX” di Hotel Kempinski Jakarta, Rabu 12 Oktober 2022.

Pergelaran ini merupakan acara tahunan Telkom Indonesia yang sudah dilaksanakan untuk kelima kalinya, dan untuk pertama kalinya dilaksanakan dalam format hybrid conference setelah terjadinya global pandemi Covid-19.

CX Summit 2022 menghadirkan para para pembicara antara lain adalah Menteri BUMN, Erick Thohir; Mantan Menteri Perdagangan 2011-2014, Gita Wirjawan; CEO Youth Lab Indonesia, Muhammad Faisal; President General Electric (GE) Indonesia, Handry Satriago; Direktur Utama Allo Bank, Indra Utoyo; CEO PT Telkom Data Ekosistem, Andreuw Th.A.F; dan Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama BAPPENAS, Taufik Hanafi.

Wabah Covid-19 telah memaksa banyak industri di berbagai bidang untuk menyesuaikan diri dengan agile agar portfolio bisnis bisa terus bertahan bahkan bertumbuh di tengah krisis. Dengan kondisi demikian, pemanfaatan teknologi menjadi suatu peluang dalam upaya pemenuhan tuntutan market.

Spirit KTT G20 2022 ‘Recover Together Recover Stronger‘ menjadi motivasi yang selaras dengan misi Telkom memulihkan perekonomian global, bersinergi antar korporasi sesuai dengan bidang industri masing-masing. Telkom DBT berkonsentrasi kepada pemanfaatan teknologi yang berkelanjutan.

Telkom menyadari hal tersebut, sebagai perusahaan yang memiiki strategic objective “To be one of the most Customer-Centric Companies in Indonesia“, maka Telkom berkomitmen memastikan hadirnya Customer Experience yang excellent.

Chief Digital Innovator Officer Telkom Indonesia, Muhammad Fajrin Rasyid menjelaskan, CX merupakan salah satu senjata bisnis, terutama di era saat ini yang penuh konflik di beberapa negara dan berdampak pada inflasi yang cukup tinggi hingga 10%, mencapai all time high selama 40 tahun.

“Sehingga bisnis-bisnis harus tetap bertahan di tengah ketidakpastian ini, yang salah satunya dengan cara mengembangkan CX lebih baik. Saat ini pun CX menjadi salah satu pembeda untuk menunjang kesuksesan suatu bisnis, ” kata Muhammad Fajrin.

CX Awards 2022

Dalam agenda CX Summit 2022, Telkom menggelar Customer Experience (CX) Awards 2022 secara perdana dan menggandeng Indonesia CX Professional (ICXP) dalam menyeleksi dan proses penilaian para kandidat.

Penghargaan ini merupakan apresiasi Telkom terhadap insan Customer Experience yang telah melakukan berbagai inovasi dalam transformasi CX dan menunjukkan komitmen mereka dalam mengedepankan kepentingan pelanggan di setiap kebijakan yang dibuat perusahaan.

“Manajemen CX adalah salah satu rahasia sukses perusahaan dalam transformasi digital menuju Indonesia menjadi negara berorientasi service tahun 2045,” ujar Sri Safitri, Ketua Umum ICXP.

CX Awards 2022 memperebutkan tiga kategori: Best CX Tranformation yang dimenangkan oleh YAKES TELKOM sebagai Gold Winner, Direktorat Consumer – Telkom Indonesia sebagai Silver Winner, dan PT Infomedia Nusantara sebagai Bronze Winner.

Kategori Most Impactful CX Team dimenangkan Tokopedia sebagai Gold Winner, YAKES TELKOM sebagai Silver Winner, dan Direktorat Consumer-Telkom Indonesia sebagai Bronze Winner.

Sementara kategori Most Influential CX Leader dimenangkan Tri Priyo Anggoro Direktur YAKES TELKOM sekaligus sebagai Most Influential CX Leader of the Year. Sementara kategori Highly Commended dimenangkan Jesi Revaldini, VP HUman Resources Operations, PT Infomedia Nusantara.

Hadirnya CX Awards 2022 menjadi bukti keseriusan Telkom DBT untuk meningkatkan kapabilitas digital dan membangun ekosistem yang dapat berdampak positif pada kedaulatan digital bangsa, sekaligus menjadikan pandemi Covid-19 sebagai momentum titik balik bagi berbagai bisnis dalam kompetisi dunia.

CX Summit 2022 didukung oleh para expert yang menjadi pembicara dan memberikan paparan serta gagasan baik dari internal maupun eksternal. Dalam rangkaiannya, diadakan pula Virtual Exhibition Session memanfaatkan platform Metanesia diikuti 60 peserta dan menampilkan beragam produk digital Leap, seperti PaDi UMKM, PIJAR, mySooltan, BigBox, myIndihome, Antares, Agree, Logee, dan OCA Indonesia.

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author