Jakarta, Technology-Indonesia.com – Grab Indonesia, melalui layanan pengantaran last-mile GrabExpress, telah menjadi sistem pendukung krusial bagi pemerintah Indonesia dengan memberikan pelayanan untuk keperluan administrasi sipil di berbagai lokasi di tanah air. GrabExpress memungkinkan produktivitas pemerintah tetap berjalan lancar selama pandemi Covid-19 dengan mengirimkan dokumen-dokumen penting untuk keperluan identifikasi nasional dan administrasi sipil. Kolaborasi dengan pemerintah untuk layanan ini dapat mendukung proses administrasi bagi masyarakat dan menghindari antrian di kantor-kantor pemerintahan.
Tyas Widyastuti, Director of 2-Wheels & Logistics, Grab Indonesia mengatakan, pihaknya memahami bahwa masyarakat Indonesia harus tetap menjalani kebutuhan untuk keperluan pencatatan sipil dan kebutuhan administrasi lainnya terlepas dari situasi saat ini. Tetapi banyak dari mereka yang khawatir untuk meninggalkan rumah dan membahayakan kesehatan mereka.
“Sebagai superapp, kami sangat senang dapat menjalin kerja sama dengan badan-badan pemerintah di seluruh negeri untuk memfasilitasi efisiensi pelayanan publik di Indonesia selama masa-masa sulit ini. GrabExpress akan terus memberikan layanan pengantaran yang aman, mudah, dan andal untuk masyarakat Indonesia. Kolaborasi ini juga memberikan peluang pendapatan baru bagi para mitra pengantaran GrabExpress kami, sehingga mereka bisa terus mendapatkan dampak positif dari teknologi kami,” ujar Tyas.
GrabExpress telah menjadi mitra pilihan bagi beberapa institusi pemerintah untuk menjaga dan mempercepat layanan publiknya. Saat mereka menciptakan inovasi agar operasional mereka tetap berjalan untuk masyarakat, layanan pengantaran Grab hadir untuk memberikan solusi yang mereka butuhkan.
Dalam setahun terakhir, GrabExpress telah bermitra dengan berbagai badan pemerintah, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Tangerang Selatan, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, Satuan Kepolisian Lalu Lintas (Satlantas) kota Medan, dan Kepolisian Resor (Polres) Bengkulu.
Disdukcapil kota Tangerang Selatan menunjuk GrabExpress untuk bersama-sama meluncurkan inovasi digital bernama Sistem Pengiriman Administrasi Kependudukan (SIANDUK). GrabExpress mendukung proses administrasi sipil warga Tangerang Selatan menggunakan pengantaran dokumen secara drive-thru. Mitra pengantaran GrabExpress dapat mengirimkan dokumen langsung ke kantor Dukcapil melalui jendela khusus. Hal ini dapat menghemat waktu dan mengurangi kontak langsung dengan orang lain.
Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangerang Selatan, menjelaskan bahwa pembangunan daerah dan pelayanan publik harus tetap dilakukan di tengah pandemi. “Saya salut dengan inovasi yang dilakukan Disdukcapil Tangerang Selatan. Saya juga berharap pelayanan publik bisa terus berjalan tanpa harus dilakukan di kantor,” ujarnya.
Selain itu, Polda Jawa Timur juga bekerja sama dengan GrabExpress untuk meluncurkan layanan pengantaran online perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang terintegrasi ke dalam aplikasi ‘Base Traffic Semeru’ milik Polda Jawa Timur.
Beberapa departemen kepolisian di Sumatera Utara dan Selatan juga memilih GrabExpress untuk pengantaran dokumen mereka. Satlantas kota Medan juga memberikan layanan pengantaran SIM langsung ke rumah warga. Kemitraan ini memberikan kemudahan bagi warga Medan yang ingin memperpanjang masa berlaku atau memperbarui SIM mereka.
Sementara itu, Polres Bengkulu bersinergi dengan Grab meluncurkan layanan pengiriman Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menggunakan GrabExpress, yang pertama di wilayah Sumatera.
Kapolres Bengkulu Polda Bengkulu AKBP Pahala Simanjuntak mengatakan, “Warga sekarang dapat memproses SKCK mereka tanpa perlu repot datang ke Polres Bengkulu. Kerja sama dengan Grab ini merupakan implementasi konkrit kami dalam menyediakan layanan publik yang terintegrasi. Semoga dapat berjalan lancar dan kedepan kami dapat terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.”
Layanan GrabExpress dapat membantu lembaga pemerintah memenuhi berbagai macam kebutuhan sehari-hari di luar pengantaran dokumen penting. Layanan Grab termasuk kurir, pengantaran makanan dan alat tulis kantor, serta pemesanan transportasi dapat diakses melalui portal Bela Pengadaan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Layanan GrabCar, GrabBike, GrabFood, dan GrabExpress semuanya terintegrasi dalam platform tersebut untuk memberikan kemudahan administrasi pemerintah.
Pemesanan GrabExpress melalui Web (https://express.grab.com/en/) dalam format portal juga memberikan kemudahan bagi pegawai pemerintahan karena mereka biasanya menggunakan PC atau Laptop selama bekerja. Layanan pengantaran sesuai permintaan (on–demand) menawarkan pelacakan dokumen penting secara real-time sehingga keamanan penanganan dokumen terjamin. Selain itu, fitur multi-stop GrabExpress dimana pengirim dapat memesan dengan satu titik pengambilan dan mengirimkannya ke lebih dari satu titik pengantaran sekaligus, membuat layanan GrabExpress menjadi pilihan yang lebih hemat dan praktis daripada memesan beberapa pengiriman secara terpisah.
GrabExpress terus berkembang dan menyediakan layanan VIP (Very Important Package) untuk setiap pengantaran dokumen dengan mengutamakan keselamatan, keamanan dan keandalan. Pengantaran GrabExpress dapat dilacak menggunakan teknologi Grab di aplikasi untuk memastikan dokumen penting ini tiba dengan selamat di kantor pemerintah yang dituju.
Setiap pengantaran, otomatis diberikan bukti pengantaran dan diasuransikan. Hal ini memastikan bahwa dokumen penting dan pribadi ini ditangani dengan hati-hari guna menjaga keselamatan dan keamanan dokumen.
Dalam hal kecepatan, GrabExpress juga dapat mengirimkan dokumen penting dalam sehari. Konsumen dapat memilih Pengantaran Instan di mana paket dapat dikirim cepat atau Pengantaran Same Day (tersedia di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar) dengan biaya yang lebih murah.
Fitur-fitur ini dapat memberi konsumen berbagai opsi pengantaran last-mile dengan kisaran harga yang berbeda sehingga mereka dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.