HAUS! Siap Merambah ke Dunia Metaverse

Jakarta, Technology-Indonesia.com – PT WIR Asia Tbk (WIR Group) terus melebarkan kerja sama untuk memperkaya ekosistem Metaverse yang sedang dikembangkannya.

Kali ini WIR Group menggandeng PT Inspirasi Bisnis Nusantara, perusahaan pemegang merek dagang HAUS! yang bergerak di bidang Food & Beverage (F&B). Kolaborasi ini penting guna mewujudkan bisnis UMKM retail yang lebih kompetitif dan inovatif dalam menyasar konsumen dari generasi milenial dan Gen Z di era digital.

Nota Kesepahaman untuk kerja sama ditandatangani oleh Gufron Syarif, Chief Executive Officer HAUS! dan Gupta Sitorus, Chief Sales and Marketing Officer WIR Group di Jakarta.

“Sesuai dengan prinsip kami yang selalu up-to-date dan relevan dengan perkembangan jaman, maka sudah saatnya HAUS! juga mulai merambah ke dunia Metaverse,” jelas Gufron Syarif, Rabu (13/7/2022).

Menurut Gufron, kehadiran HAUS! di dunia Metaverse yang berkembang semakin pesat belakangan ini akan menjadi poin strategis untuk menjadikan Haus! sebagai salah satu pemain industri F&B yang terdepan dalam inovasi.

Dalam perjalanan bisnisnya, HAUS! sudah memiliki 197 outlet yang tersebar di 18 kota di Pulau Jawa. HAUS! melihat potensi yang sangat besar pada pasar milenial dan Gen Z yang sangat lekat dengan teknologi digital. 

Mengacu pada data Bank Indonesia (BI) tercatat nilai transaksi digital banking pada 2021 mencapai Rp 39.841,4 triliun atau tumbuh 45,64 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini jelas menunjukkan bahwa implementasi teknologi digital memiliki potensi yang besar.

“Kami melihat potensi luar biasa dari pasar yang sangat familiar dengan media dan teknologi digital ini. Oleh karena itu, kami mencoba meraih peluang yang ada dengan memadukan kebiasaan mereka yang digital-minded dengan selera akan minuman dan makanan kekinian yang terjangkau,” ujarnya.

Gufron menambahkan, kehadiran HAUS! di Metaverse akan mempermudah konsumen maupun masyarakat umum untuk mengenal HAUS! lebih dalam. Mereka dapat dengan mudah berkunjung ke outlet HAUS! dan mengenal kami secara personal, tanpa terbatas ruang dan waktu.

“Ke depannya, kami juga akan meningkatkan engagement kami dengan seluruh masyarakat Indonesia melalui event-event yang akan kami adakan di Metaverse,” imbuhnya.

Gupta Sitorus, Chief Sales and Marketing Officer WIR Group mengatakan sangat mendukung hadirnya HAUS! sebagai UMKM rintisan lokal di Metaverse.

“Bergabungnya HAUS! ke Metaverse merupakan salah satu upaya percepatan transformasi digital UMKM agar mampu beradaptasi dan eksis di era digital. Di satu sisi, hal ini akan memperkaya ekosistem Metaverse Indonesia, dan di sisi lain dapat mendorong terwujudnya perekonomian digital dan tumbuhnya ekonomi kreatif,” tuturnya.

Teknologi digital Metaverse menawarkan pengalaman unik bagi pengguna internet, seperti melihat pemandangan, mendengar suara, dan sensasi lainnya namun secara virtual. Dengan memanfaatkan platform Metaverse, UMKM dapat melakukan interaksi virtual realistik dengan konsumen, bahkan dalam cakupan global, dalam bentuk dan format yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Platform Metaverse, lanjutnya, mampu membuka berbagai peluang baru khususnya bagi  pengembangan bisnis. Karena itu sudah saatnya pelaku UMKM mulai memanfaatkan teknologi agar dapat meningkatkan kemampuan dan daya saing mereka. 

“Dengan keahlian kami dalam pengembangan teknologi augmented reality, kami membangun platform Metaverse untuk menjawab kebutuhan dunia metaverse masa depan. Kami membantu menavigasikan mereka dalam berinteraksi di dunia metaverse yang memang memerlukan cara-cara khusus,” tutup Gupta.

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014). Buku terbarunya, Antologi Puisi Kuliner "Rempah Rindu Soto Ibu"
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author