Jual Kelapa Muda dengan Cara Baru, Petani Milenial ini Raup Puluhan Juta

Jakarta, Technology-Indonesia.com – Kelapa muda biasanya dijual di pinggir jalan dengan kemasan plastik dan sedotan. Sopyan, petani milenial asal Bandung dan rekan-rekannya membuat gebrakan bisnis kelapa muda dengan cara baru.

Sopyan menyulap kelapa muda menjadi kemasan botol dengan label dan estetika menarik dan bernilai tinggi. Hasilnya, dalam sebulan ia bisa meraup puluhan juta rupiah.

Sopyan mengungkapkan, awalnya ia sering membeli kelapa muda ke penjual kelapa di pinggir jalan. Biasanya, air kelapa dimasukkan ke plastik dan diberi sedotan. Selain itu, tempatnya juga kurang higienis.

“Terlepas dari segala kekuranganya, saya melihat ada peluang besar. Jika dikemas dengan baik dan higienis, pasti masyarakat kalangan menengah ke atas akan mau menerima produk kelapa muda,” terang Sopyan melalui keterangan tertulis pada Senin (16/5/2022).

Saat ini, Sopyan dan rekan-rekannya telah meluncurkan produk kemasan kelapa dengan nama Freshcoco. Produk ini diambil dari kelapa muda murni, langsung dari petani dan tanpa tambahan apapun.

“Produk kemasan air kelapa yang beredar di pasaran selama ini banyak tambahan, entah itu gula, perasa, perisai, atau campuran lain. Nah, produk kami ini unik karena tanpa ada tambahan apapun, jadi benar-benar fresh. Ini keunggulan kami,” jelasnya.

Sofyan mengakui bahwa produk tanpa tambahan bahan pengawet dan tambahan lain, pasti umur simpannya tidak lama. Karena itu, ia menyarankan agar konsumen menyimpan pada suhu berpendingin dan dinimum saat dingin agar kesegarannya lebih terasa.

Harga produk Freshcoco sangat terjangkau. Freshcoco kemasan botol ukuran 500 ml dijual Rp. 15.000,-. Sofyan menargetkan dalam satu hari sebanyak 100 botol sehingga omzet minimal dalam sebulan Rp 37 juta.

“Selain bentuk botol, kami juga menyediakan jelly, dan snowball coconut, namun 2 produk terakhir ini masih dalam testing market,” pungkas sofyan.

Penasaran dengan kesegaran Freshcoco? Produk ini bisa dijumpai di website freshcoco.id atau di toko online seperti: go food, shopee food. Serta media sosial seperti facebook: freshcoco, Instagram: @freshcoco, dan tiktok: @freshcoco.

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author