Didukung Teknologi AI, Laptop NVIDIA GeForce RTX 40 Series Jawab Kebutuhan STEM

Jakarta, Technology-Indonesia.com – NVIDIA memperkenalkan seri laptop GeForce RTX 40 yang didukung teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) terdepan saat ini. Laptop ini merupakan terobosan teknologi untuk meningkatkan produktivitas para pegiat komunitas teknologi, profesional kreatif, hingga pelajar dan mahasiswa.

Consumer Business Lead NVIDIA ID, Adrian Lesmono menyampaikan saat ini teknologi kecerdasan buatan sudah ada di berbagai laptop. Keberadaan AI ini bisa menjadi productivity enabler.

“Ke depan, AI akan menjadi productivity augmented, jadi meng-augmentasikan productivity untuk kita semua. AI menjadi tools untuk mengaugmentasi cara kita bekerja sehingga sangat efektif dan efisien,” kata Adrian dalam Press Briefing Seri Laptop GeForce RTX 40 di Jakarta pada Jumat (29/9/2023).

Adrian juga menyampaikan adanya tren dimana orang mulai melihat kekuatan hardware dan GPU (Graphics Processing Unit) untuk menyelesaikan pekerjaan yang makin berat. Sehingga orang akan membeli personal computer yang powerful.

Pembelajaran Berbasis AI

Lanskap dunia pendidikan berubah dengan cepat, dengan bidang Sains, Teknologi, Engineering/Keteknikan, dan Matematika (STEM) menjadi ujung tombak terciptanya inovasi dan penemuan baru.

Kini, pelajar berhadapan dengan aplikasi STEM yang kompleks, menuntut pemanfaatan komputasi yang andal dan efisien. Seri laptop GeForce RTX 40 yang memiliki dukungan AI mampu mengoptimalkan penggunaan aplikasi tersebut, dengan menawarkan kecepatan hingga 22 kali lebih tinggi dibandingkan laptop pada umumnya.

Teknologi maju ini muncul di tengah semakin pentingnya literasi AI untuk dimiliki para pelajar sebagai bekal peningkatan daya saing mereka di masa depan.

Simulasi Kian Cepat: Di lingkup sains dan keteknikan, simulasi memainkan peran yang sangat vital dalam memahami sebuah fenomena kompleks. Seri laptop GeForce RTX 40 memungkinkan para periset dan pelajar melakukan simulasi kompleks dengan cepat dan akurat, sehingga mampu mempercepat proses penciptaan penemuan-penemuan baru.

Pemrosesan Data Berkecepatan Tinggi: Mengelola data dalam jumlah masif menjadi lebih mudah berkat dukungan AI. Seri laptop ini dapat dengan cepat melakukan analisa dan pemrosesan data, memungkinkan penelitan yang lebih dalam dan mendapatkan hasil yang akurat.

Mendukung Pembelajaran Berbasis AI: Penyematan teknologi AI pada seri laptop GeForce RTX 40 mendukung proses pembelajaran berbasis AI pada bidang STEM. Keunggulan ini dapat membantu pelajar memahami suatu konsep yang rumit sekaligus meningkatkan literasi AI mereka yang sangat berguna di era data-driven saat ini.

Rendering dan Visualisasi Kian Realistis: Di lingkup industri keteknikan, rancang bangun dan desain, kemampuan laptop untuk perenderan model 3D dan menciptakan visual yang realistis menjadi sangat penting. Kemampuan GPU yang dibenamkan pada seri laptop GeForce RTX 40 memfasilitasi proses renderisasi dengan cepat, sehingga mampu mendukung pekerja kreatif dan pelajar menghasilkan visual yang menakjubkan.

Efisiensi dan Portabilitas yang Kian Meningkat: Seri laptop ini menghadirkan desain yang ramping nan digdaya, serta baterai dengan daya tahan yang lebih Panjang. Operasi laptop yang hening menunjang kenyamanan yang lebih bagi pengguna.

Pengalaman Gaming Kian Imersif

Seri laptop GeForce RTX 40 menghadirkan pengalaman bermain gim yang terbaik di kelasnya. Dengan grafis yang diperkuat AI pada seri laptop ini menghasilkan kualitas visual realistis yang menghidupkan suasana bermain.

Kemampuan menampilkan visual kualitas tinggi dari komponen Deep Learning Super Sampling (DLSS) 3 yang diperkuat oleh AI. Inovasi ini mampu menjawab kebutuhan entertainment yang memuaskan pengguna dengan menghadirkan beragam keunggulan kompetitif bagi pengguna, seperti latensi system terendah dan responsivitas paling tinggi.

Seri Laptop GeForce RTX 40 dapat membantu kreator konten untuk mengerjakan berbagai proyek kreatif melalui pemanfaatan AI dalam menghasilkan efek-efek canggih dengan mudah, dari mengolah model 3D hingga video editor dalam waktu yang cepat.

Proses pengeditan video berkualitas 8K dan perenderan 3D model tidak lagi memakan waktu dan tenaga berkat teknologi AI yang disematkan pada seri Laptop GeForce RTX 40. Inovasi ini membuka tabir proses kreasi konten yang baru dengan memaksimalkan kreativitas dalam diri setiap orang.

Hal itu dirasakan oleh Bani Adil, seorang Stable Diffusion Artist yang menggunakan AI generated dan beberapa plugin tambahan untuk mengubah gambar konsep menjadi render 3D dalam hitungan detik. Hal itu membuat produktivitas Bani meningkat dibandingkan tanpa menggunakan AI yang butuh waktu berjam-jam.

Proses perenderan 3D yang cepat tersebut berkat laptop sistem yang powerful pada laptop yang menggunakan GPU dan dilengkapi AI Akselerator seperti seri laptop GeForce RTX 40.

Pengguna dapat menikmati akses eksklusif untuk serangkaian peranti Studio, seperti aplikasi NVIDIA Broadcast untuk mendukung proses kreasi, kolaborasi, maupun pembelajaran jarak jauh canggih. Untuk mendukung kebutuhan kreatif, NVIDIA Studio Drivers siap mendukung dalam menghadirkan performa maksimum yang stabil dan sangat cepat.

Max-Q Technologies untuk Laptop

Seri Laptop GeForce RTX 40 tidak hanya unggul dari sisi performa saja, tetapi juga memiliki desain modern yang mendukung gaya hidup mahasiswa dan profesional. NVIDIA Max-Q Technologies hadir dengan desain yang slim dan ringan, kapasitas baterai yang panjang dan dengan operasi sistem yang hening, tidak bising.

Segala keunggulan ini mampu menjawab ekspektasi pasar terhadap sebuah laptop berperforma tinggi yang menunjang mobilitas dan kenyamanan sekaligus.

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author