UR Festival 2025: Urban Republic Ajak Generasi Aktif Hidup Produktif dan Peduli Lingkungan

TechnologyIndonesia.id – Urban Republic, retail gadget lifestyle di bawah naungan Erajaya Active Lifestyle, kembali menghadirkan ajang tahunan terbesar UR Festival 2025. Acara ini digelar pada 22–28 September 2025 di Mall Central Park, Jakarta dengan mengusung tema “Mudahnya Jadi Generasi Aktif” untuk merayakan semangat generasi aktif Indonesia yang dinamis, produktif, dan kreatif dengan dukungan gadget terkini.

Festival ini dirancang bukan sekadar pesta belanja gadget, melainkan juga perayaan gaya hidup generasi aktif Indonesia yang produktif, kreatif, dan peduli lingkungan. Melalui UR Festival, pengunjung bisa menemukan gadget original dan terlengkap, mulai dari smartphone, smartwatch, TWS, hingga perangkat smart home dengan promo spektakuler.

CEO Erajaya Active Lifestyle, Djohan Sutanto mengungkapkan bahwa UR Festival lebih dari sekadar acara promosi. UR Festival 2025 merupakan puncak ekspresi dari komitmen kami untuk mendukung generasi aktif Indonesia.

“Melalui kampanye ‘Mudahnya Jadi Generasi Aktif’, kami tidak hanya menyediakan akses terhadap gadget lifestyle terbaru dan terpercaya, tetapi juga ingin menginspirasi masyarakat untuk memanfaatkan teknologi tersebut untuk mendorong produktivitas, kreativitas, dan membentuk gaya hidup yang lebih positif,” ungkap Djohan.

“Di Urban Republic, kami percaya setiap individu bisa menemukan solusi untuk mewujudkan aspirasinya,” imbuhnya.

Inisiatif UR Zero Waste

UR Festival 2025 tak hanya menawarkan pengalaman berbelanja gadget yang spektakuler dengan beragam promo eksklusif, tetapi juga menjadi ajang untuk memperkenalkan inisiatif corporate social responsibility (CSR) terbaru yaitu UR Zero Waste.

Melalui program UR Zero Waste, Urban Republic mengajak generasi aktif Indonesia untuk mengadopsi gaya hidup zero waste dengan menyumbangkan gadget bekas. Program CSR ini mendorong pengelolaan limbah elektronik (e-waste) secara aktif sekaligus memperkuat praktik ekonomi sirkular.

Chief of HC, CSR, GA & Litigation Erajaya Group, Jimmy Peranginangin mengatakan bahwa menjadi generasi aktif tidak hanya terkait penggunaan teknologi, tetap bagaimana bertanggungjawab terhadap dampak teknologi tersebut. Untuk itu, ia mengajak generasi aktif untuk mengumpulkan sampah elektronik yang akan dikelola secara bertanggung jawab.

“Kami ingin mengajak lebih banyak lagi generasi aktif di seluruh Indonesia untuk bertransformasi dari sekedar pengguna gadget menjadi agen perubahan bagi lingkungan yang berkelanjutan,” ujar Jimmy dalam Media Day “UR Festival 2025” di Mall Central Park, Jakarta pada Selasa (23/9/2025).

Melalui program ini, Urban Republic juga ingin membangun kesadaran kolektif untuk bersama-sama bertanggung jawab terkait permasalahan lingkungan. Jika tidak dikelola dengan baik, limbah elektronik akan berdampak pada kesehatan dan lingkungan masyarakat.

“Program ini penting karena pertumbuhan gadget harus diimbangi dengan pengelolaan limbah elektronik yang termasuk limbah beracun. Setiap gadget bekas yang dibuang sembarangan adalah ancaman bagi bumi kita,” tuturnya.

Program UR Zero Waste fase pertama (Foto: Dok. Urban Republic)

Pada UR Zero Waste fase pertama yang dilaksanakan bulan April 2025 di 5 gerai Urban Republic serta event Jumbara PMR DKI Jakarta 2025, berhasil terkumpul 301 unit e-waste. Rinciannya, limbah elektronik terbanyak berupa kabel (32,6%), earphone (10,6%), dan smartphone (7,6%). Pencapaian tersebut berkontribusi pada pengurangan emisi karbon sebesar 2.760 kg CO₂e, setara dengan menanam 131 pohon.

“Keberhasilan awal UR Zero Waste membuktikan bahwa kepedulian terhadap lingkungan dimulai dari aksi kecil yang kolektif. Program ini merupakan bagian integral dari pilar Smart Ecosystem Preservation kami dan sejalan dengan prinsip-prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) Erajaya Group,” terang Jimmy.

Program UR Zero Waste fase kedua berlangsung pada 20 Agustus hingga 20 Oktober 2025 dan diperluas jangkauannya yaitu empat gerai di Bali: UR Teuku Umar, UR Living World Denpasar, UR Mall Bali Galeria, dan UR Sanur Icon. Selanjutnya dua Gerai di Surabaya: UR Galaxy Mall 3, UR Tunjungan Plaza 4. Sementara di Jakarta akan hadir di berbagai event menarik.

“Dengan memperluas titik pengumpulan hingga ke Bali dan Surabaya, kami ingin mengajak lebih banyak lagi generasi aktif di Indonesia untuk bertransformasi dari sekadar pengguna gadget menjadi agen perubahan bagi lingkungan yang lebih berkelanjutan,” tuturnya.

“Mari kita wujudkan gaya hidup aktif yang berkelanjutan bersama-sama sehingga kita bisa menjaga lingkungan, mewariskan lingkungan yang baik kepada generasi yang akan datang,” pesan Jimmy.

Putri Indonesia Lingkungan 2024, Sofie Kirana yang terbiasa menggunakan gadget untuk meningkatkan produktivitas, mengapresiasi Program UR Zero Waste. Ia mengungkapkan bahwa kadang kita ragu untuk membuang gadget yang tidak terpakai karena takut ada yang menyalahgunakan data yang tersimpan.

“Ternyata datanya aman sekali kalau diserahkan di UR Zero Waste. Jadi, teman-teman tidak perlu khawatir jika punya gadget yang sudah tidak terpakai, daripada di buang sembarangan, kalau diserahkan di UR bisa dapat voucher,” ujar Sofie yang mewakili Indonesia di kontes Miss International 2024 dan berhasil meraih predikat 4th Runner-Up.

Menurutnya, sebagai generasi muda kita harus cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi, tanpa mengabaikan permasalahan lingkungan. Saat ini, banyak sekali penemuan-penemuan baru yang bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan peermasalahan lingkungan.

“Tantangan bagi generasi muda adalah bagaimana kita berkontribusi untuk melindungi lingkungan dengan gadget yang kita punya, bijak dalam memilih informasi, serta memanfaatkan gadget untuk belajar dan menyelesaikan permasalahan lingkungan,” pesan Sofie.

Sementara itu, Afgan seorang traveler dan content creator mengungkapkan bahwa ia sangat dekat dengan gadget untuk membuat konten dan berbagi pengalaman selama traveling. Bagi Afgan, gadget merupakan alat utama untuk membantu menceritakan pengalaman-pengalamannya.

Afgan juga mengapresiasi Program UR Zero Waste yang membuatnya tidak lagi khawatir karena ada tempat untuk membuang gadget yang sudah rusak dengan aman. “Daripada disimpan jadi sampah, mending saya donasikan agar bermanfaat untuk diolah menjadi produk daur ulang,” imbuhnya.

Promo dan Penawaran Ekslusif

Head of Marketing Urban Republic, Frisma Sari mengatakan bahwa UR Festival 2025 hadir sebagai wujud komitmen Urban Republic untuk terus memudahkan langkah generasi aktif dengan menyediakan produk-produk gadget original dan terlengkap untuk menciptakan hidup yang lebih praktis dan menyenangkan.

“Acara kali ini tidak hanya festival gadget tapi juga memberikan banyak experience dan beragam permainan dari berbagai mitra. Dibandingkan tahun lalu, gelaran tahun ini lebih besar lagi ditambah brand yang ada lebih banyak dan ekstra benefit lebih banyak,” tuturnya.

Seorang pengunjung berburu gadget terkini di UR Festival 2025. (Foto: Dok. Urban Republic)

UR Festival 2025 yang mengusung tema “Mudahnya Jadi Generasi Aktif”, dengan tagline: “Original & Terlengkap hanya di Urban Republic, Pasti Ada Solusinya!” ini semakin lengkap dengan Program Glegar Gadget! Urban Republic menghadirkan promo dan penawaran eksklusif, termasuk diskon spesial, cashback, bundling menarik, dan hadiah langsung di setiap gerai Urban Republic di seluruh Indonesia.

Nikmati juga Promo Glegar Gadget pada 8 Septembar hingga 6 Oktober 2025 untuk pembelian berbagai lifestyle gadget pilihan. Promo ini menjadi momen yang tepat untuk upgrade gadget favorit karena ada berbagai penawaran menarik dari Urban Republic.

“Kita berharap para konsumen jadi terbantu dengan adanya berbagai gadget supaya kehidupan mereka jadi maksimal dan lebih produktif lagi. UR juga selalu update kelengkapan gadget supaya sesuai dengan konsumen. Agar generasi aktif lebih produktif,” pungkas Frisma.

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014). Buku terbarunya, Antologi Puisi Kuliner "Rempah Rindu Soto Ibu"
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author