Deretan Mobil Listrik Siap Mengaspal di Indonesia

Jakarta, Technology-Indonesia.com – Penelitian terbaru Counterpoint Research menyebutkan pada kuartal pertama 2022, pengiriman mobil listrik tumbuh 79 persen atau mencapai 1,95 juta unit. Dari total jumlah itu, mobil murni listrik (electric vehicle/EV) menyumbang 73 persen, dan sisanya disumbang mobil hybrid.

Penjualan mobil listrik di seluruh dunia didominasi oleh Tesla Model Y: 8,48 persen. Tesla Model 3: 6,61 persen, Wuling Hongguang MINI EV: 5,46 persen,  BYD Song DM: 2,96 persen, BTD Qin PLUS DM-i: 2,40 persen,  Li Auto One: 1,62 persen, BYD Dolphin: 1,52 persen. dan Volkswagen ID.4: 1,51 persen.

Untuk pasar di Indonesia, berikut ini mobil listrik yang siap mengaspal alias OTR (On the road) di jalanan Indonesia, dari yang termurah hingga termahal.

DFSK Mini EV

Sekilas, mobil ini memang lebih layak disebut sebagai city car  namun dari sisi spesifikasi, Mini EV dirancang menggunakan motor listrik tunggal yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 34 tk yang disalurkan ke roda belakang. Harga perkiraan DFSK Min EV dibanderol seharga Rp 200 jutaan

Toyota C+pod

Tampilan  mobil listrik Toyota  ini tergolong kecil. Baterainya pun berbasis Battery Electric Vehicle (BEV) yang memang khusus difungsikan untuk mobilitas jarak dekat.

Sementara itu, motor listrik yang digunakan memiliki daya maksimum 9,2 kW alias setara dengan 12,3 hp dan torsi maksimum 56 Nm. C+pod memiliki kecepatan maksimal hanya 60 km/jam. Toyota C+Pod tipe X dibanderol dengan harga Rp 224,7 juta

Wuling Air EV

Wuling Air EV sudah mengusung baterai lithium iron phosphate (LFP) yang diklaim memiliki daya tahan lebih kuat dibanding lithium-ion. Kecepatan maksimal diklaim mampu menembus hingga 100 km/jam.

Dalam kondisi baterai penuh, daya jelajahnya bisa mencapai 200-300 Km, lho. Mobil Wuling Air EV Standard Range dipasarkan 250 juta dan Wuling Air EV Long Range seharga 300 juta

Minicab MiEV

Minicab MiEV  merupakan kendaraan niaga ringan yang menggunakan tenaga listrik sepenuhnya. Minicab MiEV dibekali daya listrik 1.500 W DC yang bisa menyalurkan daya AC 100 V.

Mobil listrik niaga ini ditenagai baterai Lithium-ion dengan dua pilihan kapasitas, yakni 10,5 kWh dan 16,0 kWh yang masing-masing mampu menempuh jarak 100 km dan 150 km.

Mobil ini bisa mengangkut empat penumpang dengan maksimal bobot 200 kg. Sementara jika hanya mengangkut dua penumpang, kapasitas bobotnya bisa mencapai 350 kg. Minicab MiEV memiliki tipe 2-seater dan 4-seater.

Mobil niaga listrik disebut cocok digunakan di Indonesia dengan pertimbangan limitasi jarak tempuh dan harga terjangkau. Minicab MiEV 2-seater dibanderol Rp 302 juta, sedangkan untuk Minicab MiEV 4-seater seharga Rp 305 juta

Nissan Kicks e-Power

All-New Nissan Kicks e-Power merupakan mobil listrik Nissan yang menjadi andalan produsen Nissan. Keunggulannya, mobil ini tidak sepenuhnya tergantung pada charging station.

Dengan fitur e-Power, kombinasi dari mesin bensin berkapasitas 1,2 liter, generator, inverter, dan motor elektrik., dapat bergantian menyediakan energi kinetik mobil hybrid ini. Nissan Kicks e- Power dibanderol dengan harga  Rp482 juta

DFSK Gelora E

DFSK Gelora E adalah mobil listrik dengan kebutuhan niaga yang diklaim bakal lebih menghemat biaya operasional. Mobil listrik ini hadir dengan dua tipe, yakni minibus dan Blind Van.

Gelora E dibekali dengan baterai berkapasitas 42 kWh dan mampu melaju hingga 300 km dalam kondisi baterai penuh. Untuk minibus ditawarkan Rp 520 juta, sedangkan Blind Van dibanderol Rp 490 juta

Citroen e-C4

Kehadiran Citroen e-C4 dari Perancis, pertama kali dikenalkan pada 2020 sukses menarik minat lebih dari 30 ribu konsumen di benua Eropa. Desain mobil ini mengedepankan aura Eropa yang terlihat elegan, bergaris fluid, dan dinamis.

Bagian depannya hadir dengan desain V-shape khas Citroen berkat penempatan lampu DRL yang tinggi di ujung kap mesin. Citroen e-C4 mengusung baterai li-ion berukuran 400 v 50 kWh.

Motor listriknya menghasilkan tenaga 136 tk dan torsi 260 Nm dengan kecepatan maksimum 150 km/jam. Dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil ini jarak tempuhnya mencapai 350 km. Harga yang ditawarkan sebesar Rp530 jutaan

Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid hadir dengan desain segar dan performa yang lebih bertenaga, dengan  daya baterai dan dukungan bahan bakar minyak.  Mobil yang telah dirilis tahun 2020 ini dibekali mesin 2ZR-FXE 1.800cc DOHC 4-silinder DOHC dan teknologi VVT-i.

Mobil ini mampu menghasilkan tenaga 96 hp dan torsi puncak 142 Nm dan 70 hp dengan torsi puncak 163 Nm pada sistem kelistrikan.Mobil SUV versi hybrid ini memiliki ruang kabin yang lapang dan nyaman berkat desain interior modern nan mewah. Harga yang ditawarkan adalah Rp540 juta

Hyundai Kona

Hyundai Kona merupakan salah satu varian mobil bertenaga full listrik yang dihadirkan oleh pabrikan asal Korea Selatan. Baterai yang digunakan mobil listrik Hyundai bertipe lithium-ion polymer dengan kapasitas 39,2 kWh. Dengan kapasitas sebesar itu, jarak tempuh Hyundai KONA Electric bisa mencapai 345 km dalam sekali pengisian penuh.

Kona Electric punya grill polos tanpa adanya motif apapun yang menjadi ciri khas dari mobil listrik pada umumnya. Bagian muka tersebut pun sudah dilengkapi lampu berbentuk unik yang semuanya sudah LED.

Harga Hyundai Kona SEL sebesar Rp 505 juta sedangkan Kona Limited Electric berkisar Rp600 jutaan untuk on the road (OTR) Jakarta dan sekitarnya. Pilihan warnanya Chalk White, Galactic Grey, Dark Knight, dan Pulsa Red.

Toyota bZ4X

Toyota bZ4X merupakan mobil listrik sepenuhnya (bukan hybrid) pertama dari Toyota yang dikomersilkan. SUV ini dilengkapi  baterai Lithium-ion 355 volt berkapasitas total 71,4 kWh. Model versi FWD ini memiliki jarak tempuh sekitar 500 kilometer, sementara versi AWD sekitar 460 kilometer.

Mobil SUV kompak seperti ini memang disukai oleh masyarakat perkotaan yang sangat identik dengan keramaian dan jalanan padat. Harga yang ditawarkan sebesar Rp750 jutaan

Hyundai IONIQ 5

Hyundai IONIQ 5 merupakan mobil  listrik Hyundai yang baru saja dirilis tahun ini. Generasi terbaru dari seri IONIQ ini tampil dengan desain yang lebih futuristik dan sangat modern.

IONIQ 5 dibekali dengan baterai Liquid cooled Lithium Ion berkapasitas 58 kWh, yang lebih besar dari varian mobil listrik lain milik pabrikan asal Korea Selatan tersebut.

Adapun jarak tempuh maksimum dalam kondisi baterai penuh bisa sejauh 384 km untuk tipe Prime dan Signature. Sedangkan untuk varian lebih tinggi, tetap menggunakan jenis baterai yang sama tapi dengan kapasitas 72,6 kWh. Jarak tempuhnya pun lebih jauh, yakni hingga 481 km.  

Harga IONIQ 5 Prime – Standard Range dibanderol Rp 718 juta, IONIQ 5 Prime – Long Range seharga Rp 759 juta, IONIQ 5 Signature – Standard Range seharga Rp 779 juta dan , IONIQ 5 Signature – Long Range seharga Rp 829  juta

MINI Electric

Mobil ini dibekali motor listrik bertenaga 184 dk dengan torsi 270 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan ke dua roda depan melalui transmisi otomatis single speed. Dengan konfigurasi tersebut, MINI Electric diklaim mampu melesat dari 0 ke kecepatan 100 km/jam dalam waktu 7,3 detik saja.

Kecepatan maksimalnya pun bisa mencapai 150 km/jam dan mampu melaju sejauh 232 km. Harga Mini Electric ditawarkan Rp 945 juta

Kia EV6

Kia EV6 merupakan salah satu mobil listrik terbaru denganSiluet desain dari bodi sampingnya juga lebih condong ke nuansa crossover karena lebih memanjang. Untuk performanya boleh diadu, sebab mobil ini memiliki dua motor listrik yang terpasang di roda depan dan belakang (AWD).

Kedua motor listrik tersebut menerima sumber energi dari baterai lithium-ion berkapasitas 77,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 320 hp dan torsi mencapai 605 Nm.

Dalam kondisi baterai penuh, Kia EV6 diklaim mampu menempuh jarak total hingga 506 km. Sedangkan untuk kecepatannya, mobil ini bisa menyentuh kecepatan dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam waktu 5,2 detik saja. Harga Kia EV6 GT Line ditawarkan Rp 1,2 Miliar

Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV, mobil Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV ) ini memiliki pilihan pengisian bahan bakan bakar minyak dan tenaga listrik. SUV ramah lingkungan ini memadukan mesin 2.4-l DOHC MIVEC berdaya 126 TK dan torsi 199 Nm dengan baterai listrik berdaya 13,8 kWh.

Motor penggerak dalam mobil ini dapat menjadi generator penyalur listrik cadangan sebesar 1.500 Watt. Mobil ini dibanderol dengan harga  Rp1,309 miliar

Mercedes-Benz EQS

Mobil listrik asal Jerman ini pertama kali meluncur pada April tahun 2021, akan hadir di Indonesia akhir tahun ini. Mobil listrik ini hadir dalam dua model, yakni Mercedes EQS 450+ dengan 333 hp dan Mercedes EQS 580 4MATIC dengan 523 HP penggerak semua roda.

Mobil ini diklaim dapat mencapai akselerasi 0-100 Kilometer per jam (Kpj) hanya dalam waktu 4,1 detik saja. Soal jarak tempuh, sedan listrik satu ini diklaim dapat menempuh jarak sekitar 770 km. Mercedes EQS 450+  dibanderol dengan seharga Rp 1,4 Miliar dan  Mercedes EQS 580 4MATIC Rp 1,7 Miliar

Tesla Model Y

Tesla Model Y dilengkapi head unit jumbo berukuran 15 inci, supercharging, dan kemampuan akselerasi dalam waktu 3,5 detik untuk mencapai 100 km/jam. interior Model Y menggunakan bahan vegan yang diklaim lebih lembut dan lebih tahan lama daripada bahan kulit.

Harga mobil listrik baterai yang masuk ke dalam segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ini dibanderol sekitar Rp2 miliar. (Naskah: Amytasari, Ilustrasi pixabay.com/mikes-photography)

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author