The 8th WOW Brand Festive Day 2023 Hadirkan Parade Brand Paling Direkomendasikan Konsumen Indonesia

Jakarta, Technology-Indonesia.com – Parade brand-brand paling direkomendasikan konsumen Indonesia kembali digelar secara luring dengan menghadirkan merek di Indonesia yang kian berkembang cepat dan kompetitif di kalangan Gen-Z.

MarkPlus, Inc. kembali menghadirkan The 8th WOW Brand Festive Day 2023 bertema Branding For the Game Changers yang dimeriahkan berbagai sesi konferensi dan pemberian penghargaan kepada lebih dari 300 brand global.

Hermawan Kartajaya, Founder & Chairman MCorp saat membuka The 8th WOW Brand Festive Day 2023 di The Westin Jakarta pada Kamis (11/5/2023) mengatakan bahwa brand merupakan salah satu elemen yang penting di marketing.

If you don’t understand brand, you don’t understand marketing. Karena itu acara ini diselenggarakan terus dapat memberikan knowledge update dengan menggunakan konsep branding terbaru, juga merupakan pemberian penghargaan kepada brand-brand global. You come here to WOW Brand Festive Day for a quality discussion about the brand,” ujar Hermawan.

Branding tahun ini semakin kompetitif dengan fokus pada pasar Gen-Z yang menantang. Konsumen Gen-Z menunjukkan pola perilaku yang kritis, terbuka, dan emosional, mendorong merek-merek di Indonesia untuk tidak hanya menghasilkan iklan yang menarik secara visual, tetapi juga memberikan nilai dan dampak yang signifikan bagi konsumen.

Dewasa ini, brand akan menjadi kuat apabila berhasil menggabungkan aspek online dengan offline dengan mengukur produktivitas suatu brand.

Konferensi The 8th WOW Brand Festive Day mendasari konsep Marketing 4.0 yaitu 5A (Aware-Appeal-Ask-Act-Advocate). Dalam hal ini, branding strategy tidak hanya mengajak target pasarnya, namun juga harus bisa memberikan dampak berulang untuk target pasar dapat merekomendasikan suatu brand.

Karena itu, kegiatan ini menghadirkan rangkaian sesi yaitu, Build Attraction with Strong Brand DNA, Confirm Curiosity using Brand Conversation, Drive Commitment through Brand Phygital Presence, dan Boost Affinity by Brand Collaboration.

Hadir dalam sesi Build Attraction with Strong Brand DNA, Ridzky Novasandro, VP of Product & Brand Marketing Halodoc, turut menyampaikan gagasan mengenai strategi branding.

“Masa pandemi tahun lalu, digital merambah luas dan mengguncangkan banyak perusahaan. Dengan adanya branding, saya melihat bahwa suatu brand jangan hanya take off-nya saja yang bagus. Tapi perusahaan juga harus bisa climbing agar dapat berkompetisi dengan efektif,” ucapnya.

Perusahaan Home & Living, Dekoruma, yang awalnya membangun bisnis secara daring, kini terus berinovasi mengikuti strategi pemekatan merek secara luring di berbagai tempat.

“Saat ini Dekoruma harus bisa mengembangkan perusahaan secara luring. Kami mulai menjelajahi marketplace untuk terus berinovasi dalam strategi branding kami,” ujar Narendra Pryottama, Head of Brand & Communication Dekoruma.

Jacky Mussry, Chief Executive Officer MarkPlus, Inc. saat konferensi pers mengatakan bahwa branding yang merupakan elemen penting dari sebuah marketing, harus bisa memahami strategi terbaru bagaimana seseorang bisa mengaplikasikan professionalism dengan entrepreneurial.

Branding yang tidak mengikuti strategic akan berat. Oleh karena itu, suatu brand harus stay profitable, stay competitive, impactful, dan strategic,” terang Jacky.

Perusahaan iklan Out of Home melakukan campaign marketing atau advertising dengan memanfaatkan berbagai macam source yang dimiliki. Vicktor mengatakan bahwa salah satu Fundamental MacroAd untuk tumbuh besar dikarenakan kolaborasi dengan brand client.

Dalam sesi Build Attraction with Strong Brand DNA, Vicktor Aritongan, Head of Sales and Marketing MacroAd mengungkapkan bahwa pihaknya mengaplikasikan marketing revolution dengan memperhatikan fundamental pyramid.

Fundamental pyramid menjelaskan tentang pentingnya fundamental dari suatu produk atau jasa, seperti Bagaimana kita menawarkan produk? Bagaimana cara mendapatkan trust dari customer? Bagaimana menemukan target market yang tepat? Bagaimana melakukan penetrasi kepada komunitas?” ujarnya.

Selain itu, PLN juga memulai perjalannya dalam dunia digitalisasi dengan meluncurkan aplikasi PLN Mobile. Pada sesi Drive Commitment through Brand Phygital Presence, PLN memberikan contoh dari upaya mereka dengan usaha mendukung KTT ASEAN di Labuan Bajo, mengatasi krisis listrik di Madura pada Februari 2023, serta memanfaatkan dukungan pemerintah dan komisi VI DPR RI untuk membalikkan keadaan.

“Dengan PLN Mobile, konsumen dapat terbantu dengan pengelolaan data yang baik, pembayaran mudah, pengaduan cepat dan mudah, juga pelayanan yang terintegrasi. Hal ini merupakan bentuk dari PLN membangun brand corporate,” ujar Alois Wisnuhardana, Sekretaris Perusahaan PT PLN (Persero).

Dengan layanan yang mencakupi 36 Provinsi di Indonesia, Kimia Farma merupakan salah satu penyedia layanan kesehatan yang telah melakukan shifting dengan melakukan ekspansi bisnis, re-branding dan digitalisasi lalu menyikapi masa depan retailing dengan tangan terbuka melalui adopsi strategi-strategi seperti omnichannel dan personalization.

Sama halnya dengan Halodoc yang melakukan integrasi digital untuk mempermudah pelayanan terhadap pelanggan, serta menciptakan tempat berbelanja yang nyaman sebagai one-stop healthcare dengan berbagai fitur.

“Kimia Farma melakukan shifting mindset terhadap konsumen, hal ini sempat menjadi rintangan bagi Kimia Farma. Tetapi, Kimia Farma mencoba menjawab tantangan tersebut dengan berusaha untuk membuat konsumen mengasosiasikan hidup sehat dengan Kimia Farma,” ujar Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek, Agus Chandra, MBA.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemberian penghargaan yang dibagi dalam beberapa sesi yang antaranya adalah Indonesia Branding Campaign of The Year, Awarding WOW Influencer, Awarding Indonesia WOW Brand 300, dan The Inauguration of Brand for Good Club yang merupakan membership bagi brand-brand yang mengedepankan values people profit planet.

Sebagai bentuk apresiasi telah bergabungnya brand-brand, MarkPlus, Inc. melakukan inagurasi kepada deretan brand yang antara lain Nibras, Central, Meroke, Tetap Jaya, Petrokimia Gresik, Tugu Insurance, BAF, Telkom (Brand LEAP Digital), Eva Mulia, MRT, Shop & Drive, GS Astra, Sania, Sasa, Benings Indonesia Group, Campina, dan CIto.

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author