BMKG Luncurkan Website Versi Terbaru

JAKARTA  РBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meluncurkan website baru www.bmkg.go.id. Informasi layanan cuaca, iklim, gempa bumi, serta tsunami ini lebih terperinci dan detail.

“Pada situs ini dapat diperoleh pula penunjukkan waktu standar yang ditentukan melalui jam cesium dengan ketelitian seperjuta detik,” kata Kepala BMKG, Andika Eka Sakya, di Jakarta, Selasa (11/2).

Lembaga itu juga meluncurkan secara resmi twitter @infoBMKG. Akun yang baru secara efektif digunakan pada 26 Januari lalu, telah melampui lebih 1 juta followers. Jumlah ini terus meningkat dengan laju 6000 foloowers per minggunya.

“Akun ini telah menjadi trend setter tersendiri untuk menyebarkan informasi cuaca ekstrim seperti hujan lebat, iklim ekstrim seperti kekeringan, gempabumi dan tsunami. Layanan ini melengkapi informasi BMKG melalui SMS, email, faks, dan situs,” tambahnya.

BMKG, katanya, ingin memberikan kemudahan informasi terkait iklim. Dengan tampilan website terbaru ini, diharapkan masyarakat ke depan bisa memahami dan terpenuhi kebutuhan informasinya.

Untuk memberikan kemudahan, tampilan website BMKG sudah bisa diakses melalui PC dan smartphone. Di perangkat ini akan tersaji lengkap informasi cuaca yang ingin diketahui. Sebut saja prakiraan cuaca, atau di wilayah mana saja yang terjadi hujan.

Website ini juga semakin sempurna karena masyarakat bisa mengetahui informasi cuaca sampai wilayah kabupaten, yang disesuaikan dengan waktu digital. Layanan ini dilengkapi pula dengan tulisan para pengamat BMKG terhadap berbagai kejadian. (tety)

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author