Prodi Ilmu Keperawatan UGM Terima Visitasi Lembaga Akreditasi Internasional ACEN

Jakarta, Technology-Indonesia.com – Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK), Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM menerima consulting visit dari lembaga akreditasi pendidikan keperawatan internasional berbasis di Amerika Serikat di bawah the Council for Higher Education Accreditation (CHEA), Accreditation Commission for Education in Nursing (ACEN).

Ketua Prodi PSIK UGM, Haryani, S.Lp., M.Kes., Ph.D., kegiatan consulting visit yang telah berlangsung pada 10-12 Januari 2023 merupakan salah satu tahap dalam proses memperoleh akreditasi internasional oleh ACEN.

Proses akreditasi internasional dari lembaga ACEN ditempuh oleh PSIK FKKMK UGM sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan secara berkelanjutan (Continues Quality Improvement).

“Setelah sebelumnya mendapat sertifikasi dari Asian University Network (AUN) pada tahun 2017, kita berupaya untuk memperoleh akreditasi ACEN,” terangnya pada Senin (17/4/2023).

Haryani mengatakan bahwa proses mendapatkan akreditasi dari ACEN cukup panjang dan menantang, terlebih lagi karena PSIK FKKMK UGM menjadi institusi pendidikan keperawatan pertama di Indonesia yang menjalani proses akreditasi ini.

Untuk memperoleh akreditasi dari ACEN, institusi pendidikan keperawatan harus melalui proses eligibility, consulting visit, dan akhirnya accreditation. Setelah memperoleh status eligible pada awal 2022, PSIK telah melaksanakan tahap selanjutnya yaitu consulting visit pada 10-12 Januari 2023.

Pada pelaksanaan consulting visit, lanjutnya, assessor hadir untuk melakukan observasi proses pembelajaran yang ada di kampus dan wahana praktik. Selain itu, assessor juga memeriksa berkas-berkas pendukung (supporting evidence) dan melakukan wawancara kepada berbagai pihak terkait mulai dari mahasiswa, dosen, tim akademik, dekanat, hingga jajaran rektorat.

Hal tersebut ditujukan untuk memvalidasi data terkait pelaksanaan pendidikan keperawatan di UGM. Hasil akhir dari consulting visit nantinya menentukan apakah institusi layak untuk melanjutkan ke proses selanjutnya, yaitu accreditation atau initial accreditation bagi institusi yang baru pertama kali mengikuti proses akreditasi ACEN.

Haryani menyebutkan ACEN secara resmi memutuskan bahwa PSIK FKKMK UGM berhak untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu initial accreditation. Dengan demikian candidacy status dari ACEN resmi disandang oleh PSIK FKKMK UGM terhitung sejak 25 Januari 2023. Nama PSIK FKKMK UGM sebagai candidate telah tercantum pada website resmi ACEN, bersama dengan institusi pendidikan keperawatan lain di dunia.

“PSIK berhasil mendapatkan candidacy status dan lolos ke tahap initial accreditation semua berkat upaya yang tekun dari PSIK FKKMK UGM dan dukungan penuh dari universitas, fakultas, dan semua pihak yang terlibat,” paparnya.

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author