Jakarta, Technology-Indonesia.com – Lazada bersama Babyologist, menggelar Lazada Mother and Baby Festival 2022 secara virtual pada 27-29 Juni 2022. Festival ini menarik karena memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR), sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi nyata dari dunia kreasi yang dibentuk 360 derajat dan 3D.
Event yang mengusung tema “The Dreamland, Where Parenting and Dreams Come Together” ini menggunakan teknologi Virtual Reality yang dikembangkan oleh Cranium. Serangkaian seminar edukasi dihadirkan untuk membantu orang tua dalam membina buah hatinya agar bermimpi besar dan mewujudkan cita-cita berdasarkan potensi serta minat bakat yang mereka miliki.
“Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, dan mereka terus mencari informasi agar mendapatkan bekal parenting yang cocok dan relevan dengan perkembangan zaman terkini,” kata Lia Kurtz, VP FMCG Lazada Indonesia saat membuka Lazada Mother and Baby Festival 2022.
Visi Lia Kurtz untuk mengedukasi orang tua di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi terkini ini diwujudkan oleh Cranium, perusahaan solusi teknologi informasi ternama di Indonesia. Alih-alih menciptakan suasana virtual 2D seraya virtual festival lainnya, Cranium menciptakan pemandangan 360 derajat dalam 3D (tiga dimensi) untuk menimbulkan kesan nyata.
Pengunjung bisa menikmati sensasi mengunjungi berbagai booth secara virtual dengan desain ruang yang ceria, dilengkapi animasi avatar yang menarik bagi anak-anak. Setiap booth-nya didesain khusus dengan berbagai tema menarik seperti Fantasy Land, Under the Sea dan Future Land.
Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seperti berburu harta karun melalui permainan treasure hunt, berfoto selfie di photo booth atau berkomunikasi dengan pengunjung lainnya melalui live chat.
Pengalaman berbelanja melalui VR menarik antusiasme Ibu-Ibu yang menjadi partisipan dalam festival Lazada ini. Syahnaz Sadiqah, seorang ibu yang juga public figure menyampaikan, dengan mengikuti seminar edukasi Lazada Mother and Baby Festival, ia menjadi tahu cara terbaik untuk mengenali dan mengasah apa yang menjadi potensi dari anak.
“Konsep virtual reality website di Lazada Mother and Baby Festival kali ini, membuat belanja kebutuhan ibu dan anak menjadi berbeda – bisa sambil bermain bersama si kecil juga!” tutur Syahnaz Sadiqah.
Penggunaan Virtual Reality saat ini semakin diminati masyarakat seiring dengan tren Metaverse yang kian meningkat sebagai ruang bersama virtual. Hal ini sejalan dengan agenda transformasi digital yang diagendakan pemerintah bersama pemangku kepentingan lainnya yang saat ini berjalan secara masif.
William King selaku CEO Cranium Indonesia berharap pengguna akan memiliki pengalaman baru dalam menikmati konten VR. Hal ini mendorong Cranium untuk menciptakan immersiveness yang lebih dalam dan berkualitas melalui design, animasi, serta fitur-fitur interaksi dan komunikasi manusia seperti treasure hunt, live chat, photo booth, yang membuat kita seolah-olah berada dalam dunia nyata.
“Selain itu, yang sangat penting juga, kita tidak hanya memikirkan dari sisi pengalaman pengguna. Pemilik atau penyelenggara acara juga harus mendapatkan business value dari teknologi ini. Mereka akan memerlukan indikator untuk mengukur kesuksesan sebuah acara, tidak hanya sekedar kira-kira saja,” ungkapnya.
Karena itu, Cranium juga merancang system backend yang dapat menangkap data seperti jumlah pengunjung setiap booth, interaksi mereka dengan setiap titik-titik di booth tersebut, dan lain sebagainya.
“Semua informasi bisa diakses, dianalisa, dan dijadikan report yang berguna bagi pemilik acara tidak hanya untuk mengukur tingkat kesuksesan tapi juga dalam mengambil keputusan bisnis dan marketing,” tambah William.
Cranium merupakan perusahaan penyedia produk dan solusi online maupun digital, yang berfokus pada pengembangan aplikasi mobile, web, e-commerce, ataupun sistem lainnya, termasuk teknologi Virtual Reality yang digunakan pada festival Lazada ini.
Selain Lazada Mother and Baby Festival, Cranium telah berpengalaman bekerja sama dengan enterprise dari swasta maupun pemerintah. Hal ini disuguhkan sebagai upaya mendorong dan membantu berbagai perusahaan dalam proses pengembangan kapabilitas dan kapasitas transformasi digital mereka.
Selama Lazada Mother & Baby Festival berlangsung, pengunjung dapat menikmati diskon hingga 90%, ribuan voucher hingga gratis ongkir ketika berbelanja perlengkapan Ibu, bayi dan anak khusus di Lazada. Semua ini dapat diakses melalui https://lzd.co/LazMBFest pada virtual booth yang tersedia.
Manfaatkan Teknologi VR, Rasakan Sensasi Berbeda Berbelanja Virtual di The Dreamland!
