TechnologyIndonesia.id – Amartha, perusahaan teknologi finansial yang fokus pada pemberdayaan UMKM perempuan di perdesaan, kembali mencatatkan prestasi gemilang di kancah regional dalam ajang HR Asia Awards 2025. Amartha kembali meraih penghargaan untuk dua kategori sekaligus, yakni Best Company to Work For in Asia 2025 (Indonesia Chapter) dan The Most Caring Company 2025.
Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan dengan kinerja terbaik dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat, inklusif, dan berorientasi pada kesejahteraan karyawan. Penilaian dilakukan melalui audit menyeluruh yang mencakup kebijakan SDM, keberagaman, komunikasi internal, kepemimpinan, dan program kesejahteraan.
Indikator lain yang digunakan adalah Total Engagement Assessment Model (TEAM), termasuk Employee Engagement Survey. Tahun lalu, dalam survei internal Amartha meraih skor 133,8, yang dikategorikan sebagai engaged, dengan partisipasi karyawan mencapai 97 persen.
Sebanyak 89 persen karyawan menyatakan bangga bekerja di Amartha dan akan merekomendasikannya sebagai tempat kerja yang ideal.
Chief of People Officer Amartha, Rine mengatakan penghargaan ini adalah cerminan dari komitmen jangka panjang kami dalam membangun budaya kerja yang memberdayakan dan peduli.
“Kami percaya bahwa kesejahteraan dan kebahagiaan karyawan adalah pondasi dari dampak sosial yang kami wujudkan. Bagi kami, membangun tim bukan hanya soal produktivitas, tapi juga soal kebermaknaan dan pertumbuhan,” ujar Rine
Sejak didirikan pada 2010, Amartha telah menjangkau lebih dari 50.000 desa dan menyalurkan pendanaan Rp35 triliun kepada 3,3 juta perempuan pengusaha mikro. Salah satu kekuatan utama Amartha di balik pencapaian tersebut adalah tim internal yang solid dan berdedikasi tinggi.
Amartha memiliki lebih dari 10.000 karyawan (A-Team) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, terdiri dari tenaga lapangan serta sejumlah pegawai di kantor pusat.
Sekitar 60 persen karyawan Amartha adalah perempuan. Dari segi usia karyawan, Amartha sangat ramah terhadap anak muda, terutama generasi Z (Gen Z). Lebih dari 7.000 karyawan Amartha merupakan Gen Z, 2.000 lebih pegawai dari generasi milenial, dan lainnya generasi X.
Untuk memastikan lingkungan kerja yang mendukung pertumbuhan karyawan, Amartha mengembangkan berbagai inisiatif strategis, antara lain Amarthapedia, platform pembelajaran digital internal, serta program Management Trainee berdurasi hingga 28 bulan untuk menyiapkan pemimpin masa depan.
Inisiatif wellbeing juga menjadi perhatian utama, dengan pendekatan delapan dimensi kesejahteraan yang mencakup aspek fisik, emosional, sosial, spiritual, hingga finansial.
Amartha, yang tahun ini menyabet gelar Best Company to Work For in Asia untuk ke dua kalinya, juga membangun komunitas internal melalui sejumlah kegiatan, seperti A-League Championship, A-Wish Birthday, BeneRUN, hingga sesi kesehatan mental.
Selain itu, kampanye keberagaman dan inklusi dijalankan secara aktif, termasuk dengan menyediakan fasilitas ramah keluarga, seperti ruang laktasi dan daycare.
Hal ini sejalan dengan visi dan misi Amartha yang sejak 2010 dalam memberdayakan masyarakat akar rumput, serta mendorong setiap individu, termasuk internal, untuk berkembang sesuai aspirasinya.
“Budaya kerja yang penuh empati, inklusif, dan fokus pada pengembangan individu adalah pondasi kami dalam membangun organisasi berkinerja tinggi. Penghargaan ini kami persembahkan untuk seluruh A-Team yang selalu go above & beyond dalam setiap langkah,” ujar Rine.
Amartha Kembali Raih Penghargaan di Ajang HR Asia Awards 2025
