Relawan Indonesia Diberangkatkan Untuk Bantu Rakyat Korban Perang Palestina

Tim kemanusiaan untuk masyarakat Palestina di Gaza diberangkatkan Kamis malam (29/11).
Lembaga kemanusiaan PKPU mengirimkan tiga relawan terdiri dari  Martanto (dokter), Budi Darmawan  (psikolog) dan Mohammad Suharsono (logistik),

Selain merupakan misi kemanusiaan, tim relawan yang akan berada di Palestina selama 10 hari ini  membawa bantuan senilai Rp500 juta dalam bentuk bantuan logistik seperti selimut dan obat-obatan antibiotik, analgetik serta vitamin.

Menurut  Direktur  Lembaga Kemanusiaan PKPU, Wildhan Dewayana, bantuan tersebut merupakan hasil penggalangan dana dari masyarakat Indonesia yang dilakukan PKPU dari tanggal 14-28 November lalu. “Respon bantuan khusus non zakat mendapat dukungan luar biasa hingga saat ini kami sudah mengumpulkan sekutar 600 juta. Bantuan yang kita himpun itu akan diberikan kepada korban perang khususnya perempuan dan anak-anak,”kata Wildhan di Jakarta, Kamis (29/11).
  
Sebelumnya lembaga kemanusiaan ini telah mengirimkan tim edvan yang sekarang sudah berada di perbatasan Gaza. Menurut Wildhan tim edvan ini bertugas untuk mengumpulkan informasi kondisi di Gaza serta untuk mendata kebutuhan masyarakat di Gaza.

Tim relawan kemanusiaan ini akan berkordinasi dengan lembaga lokal terkait distribusi bantuan dari Indonesia. “Relawan kita baik yang sudah berada di sana maupun yang akan berangkat, diharapkan saling berkesinambungan,” kata Wildhan.

Menurut dokter Martanto, bantuan kesehatan nantinya akan difokuskan ke masyarakat langsung khususnya mereka yang terkena dampak peperangan di Gaza.

“Mekanisme bisa mengunjungi rumah atau membuat posko kesehatan. Ini tergantung dari kebutuhan masyarakat di sana. Yang penting yang kita bantu adalah korban perang yang tidak sedang dirawat di rumah sakit,” kata Martanto. Ia menambahkan bantuan kesehatan akan difokuskan untuk anak-anak sehingga nantinya akan terterwujud peningkatan gizi.  Dengan sehat maka anak Indonesia gizinya akan meningkat dan terhindar dari penyakit.
 
Serangan ke Gaza oleh tentara Israel beberapa waktu menyebabkan lebih dari 100 orang meninggal. Jumlah yang mengalami luka-luka angkanya lebih banyak lagi.

Pengiriman relawan untuk membantu rakyat Palestina di Gaza bukan kali pertama bagi PKPU.  Selain di Gaza, PKPU juga pernah membantu masyarakat  Pakistan, Somalia, Myanmar, Burma.  ‘Pengalaman’ ini setidaknya menjadi bekal para relawan yang dikirim ke jalur Gaza,”kata Wildhan.

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author