ICMI Minta Talenta Unggul Indonesia Dibina Secara Optimal

Jakarta, Technology-Indonesia.com – Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) meminta pemerintah agar lebih optimal dalam membina generasi muda, khususnya para talenta unggul guna mencapai cita-cita bangsa.

“Kita optimis Indonesia memiliki banyak talenta unggul yang jika dibina optimal akan menjadi motor penggerak tercapainya cita-cita Indonesia Emas pada tahun 2045,” kata Wakil Ketua Umum ICMI, Prof. Dr. Riri Fitri Sari di Jakarta, pada Senin (21/8/2023).

Lebih lanjut Riri menekankan perlunya grand desain manajemen talenta nasional. Menurutnya, manajemen talenta ini sangat diperlukan Indonesia agar anak-anak dan generasi muda Indonesia yang memilki bakat luar biasa didorong mengembangkan talenta yang dimilikinya agar berkembang dengan baik dan memberikan manfaat jangka panjang bagi kemajuan Indonesia.

“Hasil studi para ilmuan menunjukkan dalam setiap populasi ada 5-10 persen di antaranya memiliki bakat tertentu. Bakat yang terpendam ini harus ditemukan, dibina, dan dikembangkan sehingga menghasilkan capaian maksimal,” ujar Riri.

Guru Besar Universitas Indonesia ini menghargai upaya dan inisiatif pemerintah dalam mengembangkan talenta-talenta muda.

Dalam catatan Riri, pemerintah sudah cukup aktif mengembangkan talenta melalui berbagai event (kegiatan) yang positif seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Beberapa contoh hasil penelusuran bakat ini adalah Putri Ariani, remaja Indoensia yang bisa menembus panggung internasional.

“Dengan memprioritaskan pengembangan talenta-talenta yang berkualitas, Indonesia dapat lebih siap menghadapi perubahan global dan meraih kemajuan yang berkelanjutan,” pungkas Riri.

Pernyataan Riri itu juga menguatkan pendapatnya tentang pemberdayaan perempuan, pemuda dan anak dalam dalam Webinar Nasional ICMI bertajuk “Pengembangan Talenta Indonesia – Menjahit Bendera Merah Putih di Pusaran Dunia Baru Jagat Maya,” pada Jumat (18/8/2023).

Webinar tersebut dihadiri Ketua Umum ICMI Prof Dr. Arif Satria dan Ketua Koordinasi Pemuda Majelis Pengurus Pusat ICMI, Prof. Dr. M. Asrorun Ni’am Sholeh.

Webinar menghadirkan para pembicara seperti Asep Sukmayadi, M.IP (Kepala Badan Pengembangan Talenta Nasional Kemendikbud RI), U. Saefudin Noer, M.Si (Ketua Departemen Pengembangan Kepemimpinan – Majelis Pengurus Pusat ICMI), dan Prof. Dr. Ir. Retno Wigajatri Purnamaningsih, MT (Ibunda Generasi Bertalenta).

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author