Gelar Super Indonesia Inspiration Day 2023, Super Indo Kampanyekan Gaya Hidup Sehat dan Berkelanjutan

Jakarta, Technology-Indonesia.com – Perusahaan ritel Super Indo menggelar “Super Indonesia Inspiration Day 2023” untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-26 serta mengedukasi dan memberikan inspirasi bagi masyarakat agar menerapkan gaya hidup sehat dan berkelanjutan.

Sejak 1997, Super Indo telah tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia. Super Indo berkomitmen untuk terus bertransformasi menjalankan bisnis retail berkelanjutan dengan melakukan inisasi-inisiasi program yang berkaitan dengan health & sustainability.

Presiden Direktur Super Indo, Boudewijn van Nieuwenhuijzen menyampaikan bahwa pihaknya sudah berkolaborasi bersama pemerintah maupun organisasi nonprofit untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat dan berkelanjutan.

“Ini adalah gerakan industri ritel dalam menjawab perubahan perilaku belanja dan cara kita mengantisipasi masa depan. Serta bagaimana korporasi mengambil peran penting,” kata Boudewijn dalam acara “Super Indonesia Inspiration Day 2023” di Menara Bidakara 1, Jakarta Selatan pada Rabu (23/8/2023).

Super Indo bersama mitra kolaborasi telah mengadakan sejumlah program yang berkaitan dengan kesehatan dan gaya hidup berkelanjutan, antara lain donasi pangan untuk masyarakat yang membutuhkan, mengurangi sampah dengan kemasan daur ulang (terutama kemasan plastik), dan lainnya.

“Bisnis kami dimaksudkan untuk menciptakan nilai dan manfaat, terlibat dengan masyarakat, dan membantu menjadikan bumi ini lebih baik, tetapi kita tidak dapat melakukannya sendirian. Mari berkolaborasi bersama dengan baik, berpedoman pada tujuan mulia untuk mewujudkan Indonesia Maju,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Deputi Pengelolaan Sampah dan Limbah di Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Rizal Panrelly menekankan bahwa pengelolaan sampah merupakan tanggung jawab semua pihak. Namun saat ini pengelolaan sampah dibebankan dan menjadi tanggung jawab pemerintah.

“Kalau kita mengacu pada Undang-Undang Lingkungan khususnya terkait sampah maka setiap orang yang menghasilkan sampah wajib mengelola sampah itu dengan baik,” tuturnya.

Rizal menyampaikan bahwa setiap hari ada 8.000 ton sampah dari Jakarta yang dibawa ke TPA Bantargebang, Bekasi. Tumpukan sampah ini dapat membentuk bangunan dengan ketinggian 16-17 lantai. Sementara, kemampuan mengelola sampah saat ini hanya mencapai 80 ton per hari.

“Karena itu mari kita mengelola sampah bersama-sama. Kita pilah mana sampah yang bernilai ekonomi dan sampah yang bisa dijadikan pupuk. Sampah yang tidak bisa diolah dibawa ke TPA itupun seminimal mungkin,” tuturnya.

Rizal pun mengajak Super Indo untuk berkolaborasi dalam menata lingkungan, misalnya melalui manajemen pengelolaan sampah yang baik. “Silakan Superindo melakukan kegiatan-kegiatan pemasaran, tetapi kita bersama dengan pemerintah mengedukasi masyarakat, mengedukasi setiap penghasil limbah untuk bisa mengelola sampah,” imbuhnya.

Pada ajang Super Indonesia Inspiration Day 2023 dilaksanakan berbagai aktivitas seperti talk show, lokakarya, pameran, dan instalasi foto dengan menggandeng multi stakeholders mulai dari pemerintah, pelaku usaha, NGO hingga masyarakat.

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author