Peluncuran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-16

Hakteknas

Menteri Negara Ristek dan Teknologi, Suharna Surapranata meluncurkan peringatan Hakteknas ke 16 secara resmi dengan menekan tombol multimedia di Jakarta, Rabu, (14/7). ┬áMennegristek mengatakan potret daya saing nasional saat ini terus meningkat. “Data WEF menyebutkan Indonesia naik peringkat dari 54 pada 2009 menjadi 44 pada 2010. Ini menunjukkan kemampuan inivasi kita cukup tinggi,” katanya.

Oleh karena itu menurut Suharna, perlu terus dioptimalkan lembaga intermediasi untuk menjadi pusat-pusat mediasi atau kolaborasi tingkat daerah maupun pusat. Kemenristek juga akan terus mendorong upaya kegiatan inovasi teknologi di kalangan pemuda dalam pemanfaatan dan pendayagunaan ekononomi untuk inovasi berbasis iptek. Dengan begitu diharapkan akan meningkatkan daya saing ekonomi secara kokoh.

Peringatan Hakteknas merupakan momentum untuk meningkatkan kontribusi iptek bagi kesejahteraan rakyat, peningkatan produktivitas dan daya saing produk industri. Penguasan dan pemanfaatan iptek akan memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan nasional jika hasil penelitian, pengembangan maupun perekayasaan dan penerapan iptek dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat.

Hakteknas diharapkan menjadi wahana untuk membagun kebersaman saling sinergi antar stakholders dan antar komponen masyarakat baik kalangan akademisi, bisnis, lembaga riset dan pemerintah untuk melaksanakan pembangunan indonesia ke depan. Integrasi stakeholders tersebut merupakan kunci keberhasilan pembangunan nasional.

Di sisi lain sejalan dengan itu pemerintah meluncurkan Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MPEI) oleh Presiden yang menekankan pada penguatan kemampuan SDM dan Iptek nasional. Penguatan kemampuan SDM dan Iptek Nasional tersebut juga merupakan program utama yang dilakukan oleh Kemenristek yaitu Program Sistem Inovasi Nasional. Program yang diarahkan untuk menciptakan keunggulan kompetitif Indonesia di kancah persaingan global ke depan dan daya saing bangsa di mata dunia.

Puncak acara Hakteknas akan diselenggarakan pada 10 Agustus di Puspitek Serpong Tangerang. Direncanakan Presiden RI Bambang Yudhoyono berkenan hadir sekaligus membuka RITECH Indonesia 2011.

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author