Pengumuman Lomba Penulisan Artikel Cuaca dan Iklim 2014

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bekerjasama dengan Masyarakat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (MAPIPTEK) mengadakan lomba penulisan artikel bertema Cuaca dan Iklim Mengundang Partisipasi Generasi Muda (Weather and Climate Engaging Youth). Lomba ini bertujuan untuk menyadarkan generasi muda akan dampak perubahan iklim di masa depan.

Setelah batas akhir penerimaan naskah tanggal 20 Maret 2014, Dewan Juri melakukan penilaian terhadap naskah yang masuk. Penilaian naskah berdasarkan kriteria bahasa, substansi, deskripsi, investigasi, serta Analisa dan  Solusi.

Dewan juri yang terdiri dari Drs. Achmad Zakir, MMSi (Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG), Nelly Florida Riama, S.Si, M.Si (Kepala Bidang Informasi Agroklimat dan Iklim Maritim BMKG), Akhmad Taufan Maulana, S.I.Kom (Kepala Sub Bagian Hubungan Pers dan Media BMKG) serta Juri dari MAPIPTEK.

Akhirnya pada tanggal 23 Maret 2014, Dewan Juri memutuskan pemenang Lomba Penulisan Artikel Cuaca dan Iklim 2014 kategori wartawan dan penulis. Juara 1 kategori wartawan diraih oleh Mahardika Satria Hadi, Wartawan Majalah Tempo dengan judul tulisan Menyeruak dari Daratan Siberia, dimuat di Majalah Tempo edisi 20-26 Januari 2014.

Juara kedua kategori wartawan diberikan kepada Wahyu Kuncoro SN, Wartawan Harian Bhirawa dengan judul artikel Membaca Pesan Perubahan Iklim, Harian Bhirawa, Kamis, 13 Maret 2014. Sementara artikel berjudul Prakiraan Cuaca Dapat Diketahui Lewat SMS, Majalah Sains Indonesia Edisi Maret 2014 tulisan Henny Ariesta Diana berhasil menyabet juara ketiga.

Untuk kategori Penulis, juara pertama diraih oleh Sastra Ramanda, Pelajar SMA Harapan Mandiri Medan dengan judul tulisan Kaum Muda dan Perubahan Iklim, Harian Medan Post, Selasa, 18 Maret 2014. Juara dua diberikan kepada Nirwono Joga, seorang Arsitek Lansekap Madya dengan artikel Gerakan Kota Hijau, Sinar Harapan, 22 April 2013. Deni Ainur Rokhim, Pelajar SMA Negeri 3 Sidoarjo menyabet juara ketiga dengan artikel Kunci Hadapi Perubahan Iklim Dengan Memanfaatkan Lahan Basah, www.kompasiana.com, 13 Maret 2014.

Acara penyerahan hadiah telah dilaksanakan pada 24 Maret 2014, di Gedung Pusat BMKG Kemayoran. Dalam kesempatan tersebut, Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng menuturkan pentingnya peran jurnalis dalam menyampaikan berita terkait iklim dan cuaca secara cepat, tepat, akurat, dan ┬ámudah dipahami. “Posisi jurnalis sangat strategis untuk membahasakan berita cuaca dan iklim dengan mudah dimengerti oleh masyarakat,” katanya.

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author