Teknologi memang diciptakan untuk memberi kemudahan bagi penggunanya. Salah satu teknologi yang kini banyak dipakai adalah SMS Banking. Dengan teknologi ini, maka nasabah perbankan mendapatkan kemudahan layanan perbankan, semudah mengirimkan pesan pendek lewat telepon seluler.
Itulah sebabnya, makin bank-bank yang menjalin kerjasama dengan operator seluler sebagaimana dilakukan Bank Danamon dan PT Indosat Tbk. Kedua lembaga tersebut sepakat melakukan kerjasama dalam program layanan terpadu (bundling) antara produk perbankan dan jasa telekomunikasi.
Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan Rabu (26/3/2014) oleh Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat dengan Henry Ho, Direktur Utama Danamon dan Michellina Triwardhany, Direktur Consumer Banking Danamon di Jakarta.
Indosat sebagai salah satu penyedia layanan seluler terbesar di Indonesia mempunyai layanan Paskabayar CUG (Closed User Group) ditujukan untuk pelanggan korporasidan kartu prabayar PINTAR yang ditujukan khusus untuk pelanggan individu dan usaha kecil dan menengah. Kerja sama produk perbankan dan telekomunikasi ini mendukung mendukung gerakan cashless society dan visi Danamon secara khusus sebagai penyedia layanan finansial menyeluruh.
“Kami sangat senang dapat mewujudkan kerjasama strategis ini dengan Danamon, untuk menghadirkan konvergensi layanan telekomunikasi dan perbankan kepada masyarakat,” kata Alexander Rusli usai penandatanganan nota kesepahaman. Kedua pihak berharap, kerjasama layanan ini menjadi solusi yang makin mempermudah nasabah Danamon dalam mendapatkan paket layanan telekomunikasi yang berkualitas dengan nilai tambah pada layanan perbankan dari Danamon.
Demikian juga sebaliknya bagi pelanggan Indosat yang sekaligus menjadi nasabah Danamon. Lebih dari itu, diharapkan kerjasama ini nantinya dapat diperluas lagi dengan berbagai layanan lainnya, sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi dan perbankan, baik bagi pelanggan Indosat maupun nasabah Danamon.
Sementara itu, Direktur Utama Danamon, Henry Ho, mengatakan, Danamon menyambut baik kerjasama dengan Indosat ini karena selain merupakan inovasi yang sangat baik, hal ini juga sejalan dengan komitmen Danamon untuk makin memberi kemudahan bagi para nasabah. “Kami yakin sinergi antar industri perbankan dan telekomunikasi yang diwujudkan dalam kerjasama ini dapat memberikan nilai lebih dan tentunya menguntungkan semua pihak, terutama bagi nasabah Danamon yang juga pengguna layanan Indosat,” ujarnya.
Peluncuran layanan kerja sama Indosat dengan Danamon ini sudah diimplementasikan sejak Agustus 2013 lalu di beberapa perusahaan yang menggunakan jasa perbankan payroll Danamon. Nasabah selain mendapatkan jasa perbankan juga dapat menikmati paket bundling telekomunikasi. Dengan product bundling ini nasabah dapat menikmati kemudahan yang diberikan layanan SMS Banking Danamon.
Product bundling ini ke depannya diharapkan dapat dinikmati oleh nasabah Danamon mass market (nasabah Danamon Simpan Pinjam dan Adira Finance) yang mempunyai layanan telekomunikasi. Selain mempermudah transaksi perbankan 24 jam melalui ponsel, layanan ini diharapkan memberikan solusi telekomunikasi dengan tarif sangat kompetitif dari Indosat sehingga nasabah Danamon dapat menjalankan usaha/bisnis dengan lebih fokus dan efisien. Kerjasama ini juga meliputi pembayaran tagihan bulanan paket paskabayar CUG melalui sistem auto debet bill payment Danamon.
Michellina Triwardhany, Direktur Consumer Banking Danamon mengatakan, seiring dengan tuntutan gaya hidup konsumen yang mobile dan tech savvy, Danamon telah meluncurkan layanan transaksi perbankan 24 Jam di Danamon SMS Banking dengan fitur unggulan Menu Favorit. Layanan SMS Banking ini menggunakan stiker yang ditempelkan dengan SIM Card pengguna, sehingga membangun customer loyalty bagi Danamon dan Indosat. “Untuk itu, kami berharap manfaat dari kerjasama ini menguntungkan kedua pihak dan semakin mendekatkan kami dengan nasabah,” ucapnya.