ESMOD Jakarta dan Nusameta Siapkan Industri Fashion Masuki Era Smart Society

Jakarta, Technology-Indonesia.com – PT Metaverse Indonesia Makmur (Nusameta), anak perusahaan PT WIR Asia Tbk (WIR Group) berkolaborasi dengan ESMOD Jakarta Fashion Design and Business, bagian dari ESMOD International Fashion Design and Business untuk merancang masa depan industri mode di era smart society.

Kolaborasi antara Nusameta dan ESMOD Jakarta adalah mempersiapkan digital creative talent untuk pelajar ESMOD Jakarta demi keberlanjutan sektor industri mode masa depan yang akan didominasi dengan dunia digital.

Industri mode semakin mengglobal dan inovasi dari industri mode terus bertumbuh seiring dengan perkembangan zaman. Adaptasi terhadap majunya teknologi merupakan keharusan seiring dengan perubahan kebutuhan pasar global.

Memasuki era smart society, ESMOD Jakarta melihat pentingnya untuk mempersiapkan siswa dan siswinya dengan kemampuan teknologi untuk menghadapi tantangan industri global.

ESMOD International Fashion Design & Business merupakan sekolah mode pertama di dunia dan menjadi pemimpin dari pendidikan mode dunia, telah hadir di 13 negara dengan 19 kampus berbeda. 

“ESMOD Jakarta berharap dapat terus memberikan dampak positif sebagai trendsetter dalam bidang fashion, dengan mulai memasuki era baru metaverse dan bekerjasama dengan Nusameta untuk hadir sebagai wadah, tentunya kami berharap para pecinta fashion dapat berpartisipasi dimanapun dan kapanpun sehingga menjadi solusi dalam batasan jarak dan waktu,” ujar Adhika Kusuma, selaku Group Head of Business ESMOD Jakarta.

Kolaborasi ini juga diharapkan dapat membangun literasi digital melalui edukasi tentang metaverse serta membangun kolaborasi Nusameta dan ESMOD Jakarta dalam penyelenggaraan fashion show virtual di platform ekosistem metaverse secara berkala.

Fashion show virtual ini akan menjadi tempat bagi pelajar di ESMOD Jakarta untuk menampilkan hasil desain mereka di platform metaverse. WIR Group juga akan menyediakan pelatihan bagi murid di ESMOD Jakarta tentang bagaimana membangun produk virtual serta proses mengunggah dan menjual desain di Metaverse.

Sebelumnya ESMOD Jakarta dengan Nusameta telah sukses membantu Jakarta Fashion Week 2022 untuk hadir pertama kalinya dalam dunia metaverse.

Menurut Adhika, kerja sama ini akan memberikan peluang bagi siswa dan siswi ESMOD Jakarta, bukan sekedar pemahaman terkait Metaverse, namun juga memanfaatkan secara maksimal platform yang dikembangkan WIR Group untuk keberlangsungan masa depan interaktivitas industri mode terutama di Indonesia.

“Melalui metaverse, diharapkan desainer-desainer muda lulusan ESMOD Jakarta mampu mengembangkan inovasi dengan memunculkan ide-ide kreatifnya yang dituangkan dalam ruang digital virtual metaverse yang immersif dan impresif,“ tambah Adhika Kusuma.

Stephen Ng, Direktur Utama Nusameta menjelaskan kerja sama dengan ESMOD Jakarta merupakan salah satu komitmen Nusameta dan WIR Group untuk mengembangkan literasi digital pada semua industri untuk mengakselerasi terwujudnya perekonomian digital termasuk pengembangan industri kreatif seperti mode, serta mewujudkan inklusivitas teknologi.

“Kerja sama ini tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi kami dalam mengembangkan ekosistem metaverse, mengingat hadirnya dunia mode di metaverse memerlukan suatu sinergi untuk memadukan teknologi digital dengan hasil inovasi dan kreativitas para desainer,” ujar Stephen.

“Kami percaya metaverse akan menjadi kebutuhan manusia di masa depan karena metaverse menawarkan pengalaman unik dan tak terbayangkan sebelumnya, dan hadirnya-industri-industri dalam metaverse tentu akan menjadi faktor menjadi terwujudnya ekosistem yang dapat digunakan oleh masyarakat,“ imbuhnya.

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author