Adiseno PhD

Adiseno PhD
Bandung, 14 November 1967

Bidang Keilmuan : MIPA Kimia Elektronika

Adiseno memperoleh master di bidang teknik elektronika dari Delft University of Technology, Belanda pada 1994 yang selama studinya di Belanda itu ia juga terlibat dalam mendisain untuk stasiun-stasiun GSM pada Catena Microelectronics BV.

Kembali ke LIPI Adiseno bekerja bersama Pusat Riset dan pengembangan TELKOMA di mana ia bekerja pada pemrosesan sinyal analog, khususnya pada RF dan frekuensi Microwave.

Studinya baru ia lanjutkan kembali di Royal Institute of Technology (KTH), Swedia di bidang yang sama dan memperoleh gelar Ph.D pada 2003. Riset PhD-nya di Swedia untuk enam bulan pertama didanai Ericsson Radio System AB  dan selanjutna oleh Stiftelsen för Strategisk Forskning (Swedish Strategic Research Foundation) di bawah program INTELECT yang dipimpin oleh Dr Sven Matisson (Ericsson Mobile Platform).

Peraih penghargaan Peneliti Muda Terbaik LIPI di bidang teknologi pada 1998 itu juga pernah menjadi peneliti Post-Doc pada Electronic Systems Research Group, Dept. of Electronic Engineering, National Univ. of Ireland, Irlandia selama 2004-2005 dan terlibat dalam proyek kerjasama penelitian RF-ICs untuk sistem komunikasi tanpa kabel di masa depan antara NUI Maynooth dan Bell-Labs (Lucent Technologies).

Kini ia kembali menjadi peneliti di Puslit elektronika dan telekomunikasi LIPI dan disibukkan oleh penelitiannya tentang pengembangan WiMAX untuk Indonesia bekerjasama dengan PT Hariff DTE.

Setiyo Bardono

Editor www.technologyindonesia.id, penulis buku Kumpulan Puisi Mengering Basah (Arus Kata, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (PasarMalam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).
Email: setiakata@gmail.com, redaksi@technologyindonesia.id

You May Also Like

More From Author