Jakarta, Technology-Indonesia.com – MarkPlus Corp menjalin kerja sama dengan institusi pemasaran global Kotler Impact dalam upaya membangun ekonomi berkelanjutan melalui pendidikan, pelatihan, serta konferensi.
Fokus kerja sama antara MarkPlus Corp dan Kotler Impact yakni mengorganisir eWMS (electronic World Marketing Summit) serta pengembangan Kotler-Kartajaya Business School.
Selain itu, kedua belah pihak sepakat mempromosikan Philip Kotler Vision 2031, Philip Kotler Business Awards, Essentials of Modern Marketing (EOMM) Book, Philip Kotler Center of Excellence, World Marketing Summit, Kotler LIVE, Kotler Business Program, dan Kotler Executive Education Program.
Kerja sama ini diresmikan melalui Nota Kesepahaman atau MoU yang ditandatangani oleh Sadia Kibria selaku CEO of Kotler Impact dan Jacky Mussry selaku Direktur PT MarkPlus Indonesia di Philip Kotler Theater Class, MarkPlus Office, Menara 88 Jakarta, pada Pada Jumat, 10 September 2022.
Penandatanganan ini disaksikan secara langsung oleh Fahim Kibria selaku CMO Kotler Impact, Hermawan Kartajaya selaku Founder & Chairman MarkPlus Corp, Taufik selaku Deputy Chairman MarkPlus Corp, serta Prof. Kim Ki-Chan sebagai Former President ICSB (International Council for Small Business) Global.
Dalam sambutannya, Hermawan Kartajaya berharap Kotler-Kartajaya Business School yang berbasis di Jakarta, dapat segera memulai program sertifikasi, MBA (Master of Business Administration) dan DBA (Doctor of Business Administration).
“Dr. Fahim dan Dr. Sadia juga telah berkoordinasi dengan Swiss Business and Management School di Jenewa untuk mendukung program ini,” tutur Hermawan.
Ia menekankan pihaknya akan mengumumkan program-program Kotler-Kartajaya Business School secara resmi pada publik saat MarkPlus Conference 2023 mendatang, yang akan digelar pada 7-8 Desember 2022 di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta.
Sadia Kibria selaku CEO of Kotler Impact menyatakan antusiasmenya akan kerja sama ini. Proyek pertamanya adalah eWMS yang akan dihadiri banyak praktisi pemasaran dan branding hingga kepala negara.
“MoU ini akan menjadi titik awal yang baik bagi kami. Kami berharap kerja sama yang baik dengan MarkPlus dan Hermawan Kartajaya,” ujarnya.
CMO Kotler Impact, Fahim Kibria mengatakan Hermawan Kartajaya dan Philip Kotler telah banyak berkontribusi untuk pemasaran. Misalnya melalui penulisan buku Marketing 3.0, 4.0, dan 5.0 dapat terwujud.
“Sekarang kami akan meningkat ke level berikutnya. Kami sangat menantikan terwujudnya Kotler-Kartajaya Business School”, sambung Fahim Kibria selaku CMO Kotler Impact.
Melalui kemitraan ini, dalam waktu dekat Kotler Impact melalui MarkPlus Corp akan berupaya untuk memperkenalkan eWMS kepada jutaan mahasiswa di Indonesia, dengan target 2 juta mahasiswa dapat berpartisipasi di acara yang bertajuk “Marketing Changes to Meet Sustainability Goals” ini.
Selain itu, visi kedua pihak dalam membangun Kotler-Kartajaya Business School juga menjadi terobosan baru di dunia pemasaran. Berbagai program bisnis dan pemasaran akan dihadirkan dengan konsep yang akan diumumkan secara resmi pada MarkPlus Conference 2023 mendatang.
Antusiasme pemasar atas diwujudkannya Kotler-Kartajaya Business School juga dinanti-nanti mengingat jejak MarkPlus Institute yang sukses membangun program Executive MBA in Strategic Marketing hasil kolaborasi bersama SBM ITB.
Sebagai program pascasarjana pertama dan satu-satunya di bidang pemasaran strategis di Indonesia, program ini telah menarik banyak antusiasme mahasiswa dan praktisi pemasaran di tanah air.